Cara Membuat Artikel Agar Disukai Google

Cara Membuat Artikel Agar Disukai Google
Nah! langsung saja di sini saya ingin berbagi kepada Anda yang mungkin bertanya-tanya, “seperti apa sih artikel yang disukai google?” Di bawah ini adalah daftar hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat artikel di blog Anda lebih diskuai Google atau SEO friendly sehingga mendapatkan peringkat yang bagus. Silakan disimak..

1. LETAKKAN KEYWORD (KATA KUNCI) PADA JUDUL ARTIKEL 

Hal yang paling mendasar yang saya kira kebanyakan dari Anda sudah pada mengetahuinya, adalah meletakkan keyword atau kata kunci pada judul artikel. Usahakan agar meletakkan keyword pada bagian depan atau kalimat pertama pada judul artikel. 

2. LETAKKAN KEYWORD PADA URL 

Salah satu yang juga tidak kalah penting adalah dengan meletakkan keyword pada URL. Untuk hal ini Anda tidak perlu terlalu pusing karena kebanyakan platform blog, URL artikel akan menyesuaikan dengan judul artikel secara otomatis.

3. LETAKKAN KEYWORD PADA META DESCRIPTION 

Mungkin untuk hal ini tidak akan berpengaruh banyak tapi meletakkan keyword pada Meta Description dapat membantu meningkatkan CTR atau Rasio Klik Tayang blog Anda pada Search Engine atau Mesin Pencari. Bagaimana cara memasang Meta Deskripsi? bagi Anda pengguna blogger silahkan bisa dibaca pada postingan ini : SEO untuk Blogger

4. LETAKKAN KEYWORD PADA 100 KATA PERTAMA DALAM ARTIKEL 

Jumlah kata kunci atau keyword density menurut saya tidak begitu penting, yang paling penting adalah keyword harus muncul setidaknya pada 100 kata pertama dalam artikel. Semakin awal semakin bagus.

5. ARTIKEL LEBIH PANJANG AKAN LEBIH BAGUS 

Panjang sebuah artikel sebaiknya mencapai 600 kata atau lebih banyak. Google menyukai artikel yang panjang dan diulas secara mendetail.

6. PASANG GAMBAR YANG RELEVAN 

Apapun topik artikel yang Anda bahas sebisa mungkin untuk memasang gambar yang relavan. Satu gambar saja cukup, tapi lebih dari satu itu lebih bagus. Hal paling penting yang tidak boleh dilupakan saat memasang gambar adalah memasang ALT Atribut.

7. PASANG VIDEO YANG RELEVAN PADA ARTIKEL 

Bukan sebuah keharusan, tapi jika memungkinkan pasang juga video yang relavan pada artikel blog Anda agar dapat memberikan nilai tambah.

8. GUNAKAN BULLET LIST PADA TABEL

Jika artikel Anda menampilkan daftar sesuatu, maka lebih baik untuk menggunakan bullet list atau tabel ketimbang menggunakan text biasa atau gambar. 

9. PASANG INTERNAL LINKING 

Memasang link ke artikel lain yang relavan di blog kita merupakan hal yang cukup penting karena dapat membantu mesin pencari dan juga pembaca menjelajahi isi blog kita.

10. PASANG EXTERNAL LINKING 

Banyak yang berpendapat memasang link keluar hanya akan mengurangi kualitas artikel, padahal kenyatannya adalah sebaliknya. Memasang link keluar dapat memberi nilai tambah artikel di blog Anda, asal:

  •  Memasang link keluar yang relavan 
  •  Menggunakan atribut Nofollow 
  •  Jangan menggunakan keyword target sebagai Anchor text 
  •  Memasang link ke blog/situs otoritas (contoh: Wikipedia) 
  •  Disukai Google itu bagus, tapi disukai oleh pembaca adalah nomor satu. 
 Kebanyakan blogger yang berusaha membuat artikel agar disukai oleh google melupakan tujuan utama kenapa mereka membuat artikel.

Jadi disini saya ingin mengingatkan kepada Anda bahwa disukai oleh google itu bagus, tapi yang paling utama adalah artikel Anda disukai oleh pembaca. Tulislah artikel yang benar-benar pembaca Anda butuhkan. 

KESIMPULAN: 

 Membuat artikel yang disukai oleh Google boleh dibilang bukan hal yang begitu sulit. Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mempromosikan artikel blog Anda di media sosial atau tempat-tempat lain agar semakin banyak yang membacanya. 

Jadi tidak melulu mengandalkan Google. Terima kasih! Selamat mencoba.

***


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 23:55

0 komentar:

Post a Comment

Translate